Jumat, 06 Maret 2015

Peraih Hibah Seni Kelola 2015



Program Hibah Seni didanai oleh Hivos & First State Investments Indonesia,

Program Hibah Seni pertama kali diadakan pada tahun 2001 oleh Kelola sebagai tanggapan atas minimnya dukungan bagi seniman  Indonesia untuk mencipta dan mementaskan karya. Selama 14 tahun, di periodenya yang ke-23, Hibah Seni telah menerima + 1,500 proposal dari 24 provinsi di Indonesia dan berhasil mewujudkan 509 pertunjukan dengan penonton lebih dari + 115,000 orang.

Dengan dana yang terbatas, Kelola sadar program Hibah Seni baru berhasil mendukung 16% dari total jumlah pelamar Hibah Seni. Kelola bekerja keras untuk melanjutkan Hibah Seni selama 14 tahun.

Tahun ini, beruntung Hibah Seni masih mendapat dukungan First State Investments Indonesia yang terus berkomitmen mendukung kesenian Indonesia. Melalui Hibah Seni 2015, sebanyak 12 seniman Indonesia dapat mewujudkan karya baru (Kategori Karya Inovatif) dan melakukan tur (Kategori Pentas Keliling), sebagai bagian dari proses pengembangan diri seniman.

12 Peraih Hibah Seni Kelola 2015 adalah:

Karya Inovatif
  1. Ali Sukri (Koreografer, Padang Panjang)
  2. Bengkel Tari Ayu Bulan (Tari, Bandung)
  3. Deddy Mulia (Musik, Bireun)
  4. Iin Ainar Lawide (Tari, Palu)
  5. Pinto Anugrah (Teater, Padang)
  6. Retno Sulistyorini (Tari, Surakarta)
  7. Sabri Gusmail (Tari, Binjai)
  8. Sahlan Bahuy Mutjaba (Teater, Majalengka)
  9. Shinta Febriany (Teater, Makassar)
  10. Wildan Kurnia (Tari/Teater, Garut)

Pentas Keliling
  1. Danang Pamungkas (Tari, Surakarta)
  2. Ibed Suryana Yuga (Teater, Yogyakarta)


Dengan undangan proposal secara terbuka, program Hibah Seni telah menarik perhatian seniman dari 13 provinsi di Indonesia dan menerima total 52 proposal. Proses penyeleksian bersifat kompetitif dan dilakukan oleh tim independen yang selalu berganti setiap tahun.

Tim seleksi Hibah Seni 2015 terdiri dari Amna S. Kusumo (Kelola), Bambang Prihadi (Teater, Jakarta), Iskandar K. Loedin (Tari, Jakarta), Tony Prabowo (Musik, Jakarta), Yudi Ahmad Tajudin (Teater/Tari, Yogyakarta).

Sumber: http://www.kelola.or.id/news/detail/?id=489

0 on: "Peraih Hibah Seni Kelola 2015"